Press "Enter" to skip to content

Pentingnya MENGHARGAI PIKIRANMU untuk menghindari stress. Kenapa?

0

Last updated on June 16, 2020

Pernah merasakan tertekan hingga merasa stress karna terlalu lama menahan amarah yang ada?

Sejatinya rasa amarah itu tidak pernah ada

Ketika kita tidak mengeluarkannya saat kita sadar bahwa rasa amarah kita sedang bangkit karna suatu hal tertentu.

Rasa amarah hanyalah rangsangan yang ada dalam jiwa kita. Saat kamu sadar rasa amarahmu sedang bangkit, maka kemarahan itu sendiri akan melemah seiring waktu.

Terkadang kita menunjukkan amarah tanpa disadari. Seringkali kita berpikir bahwa kesalahan orang lainlah yang membuat rasa amarah kita itu ada.

Tapi kita lupa untuk menelisik lebih jauh dan lebih dalam apa yang menjadi sebab dari rasa amarah yang kita punya. Sebelum kita tanpa kendali mengeluarkan rasa amarah itu kepada orang lain

Ada saat dimana kita harus mencari tahu jati diri kita alih-alih membuat kesimpulan hanya dengan pengetahuan yang kita miliki.

Lihatlah ke dalam dirimu sendiri. Apakah itu kesalahan mu, atau kesalahan orang lain?

Seringkali kita marah hanya karna dipengaruhi oleh sudut pandang diri kita sendiri tanpa mencoba memahami cara dan sudut pandang orang lain

Kesadaran pikiran kita berperan penting dalam menunjukkan seberapa besar kita sadar akan keadaan kita untuk akhirnya tidak mengeluarkan rasa amarah yang sedang memuncah

Maka hadapi dan kendalikan rasa amarah kita. Itu juga menunjukkan seberapa kita bisa menghargai pikiran kita sendiri sebelum kita tidak bisa mengendalikannya lagi.

Allah SWT berfirman, “Dan tidaklah sama antara kebaikan dan kejahatan. Hadapilah kejahatan itu dengan cara yang lebih baik. (sehingga) orang yang tadinya bermusuhan denganmu tiba-tiba menjadi kawan akrab. Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keberuntungan yang besar. Dan jika setan mengganggumu dengan suatu gangguan, maka mohonlah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.” (QS. Fushilat: 34-36)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *